Senin, 11 Oktober 2010

Pari Pari Restaurant


Makan Seafood tak perlu dekat laut Jogja memang bukan daerah yang mempunyai tradisi kuliner seafood. Tapi jangan salah, di Jogja, sebelah utara kota Jogja tepatnya, ada sebuah restoran seafood yang cukup lengkap dan premium. Terletak sekitar 5 Km dari pusat kota, di Jl. Palagan Tentara Pelajar melewati Hotel Hyatt, restoran ini terlihat begitu asri dengan nuansa taman dan bangunan serba kayu.

Sesuai dengan slogannya: bebas pilih ikanmu, Pari Pari memang menyediakan ruangan khusus bagi pengunjung untuk memilih sendiri ikannya. Tersedia aneka macam ikan laut, udang segar, kepiting, kerang, atau cumi, yang bisa dimasak dengan berbagai cara. Didampingi oleh pramusaji yang ramah, kita bisa memilih ikan sesuai selera, juga masih ada aneka sayuran yang akan menjadi pelengkap hidangan.

Sambil menunggu hidangan masak, pengunjung dimanjakan oleh udara yang sejuk khas pegunungan dan pemandangan sawah menghampar yang begitu jelas terlihat dari lantai dua restoran yang seluruhnya terbuat dari kayu. Bila suka makan di taman disediakan pula paying-payung, dan tempat ini terasa lebih fantastis lagi di malam hari. Dengan penerangan obor, menikmati hidangan di sini terasa begitu romantis.

Saat hidangan tiba, rasanya sama sekali tidak mengecewakan. Kredit tersendiri perlu diberikan pada kepiting telur lada hitam. Berbeda dengan kebanyakan yang di Jakarta, kepiting lada hitam ini adalah tipe basah dengan sedikit kuah yang meresap sampai ke dalam daging kepiting. Juara kedua adalah simping saos mentega. Kerang putih yang menjadi logo salah satu perusahaan minyak ini ditumis dalam margarine dengan bumbu bawang putih yang dominan. Dagingnya terasa lembut dan gurih membuat tidak bisa berhenti makan.

Udang bakar madunya pun juga tidak kalah dengan udang bakar madu mang Engking yang sudah terkenal seantero Jogja itu. Tapi kalau di restoran ini rasa bumbunya tidak terlalu manis dan cenderung ke gurih. Cumi goreng tepungnya sebenarnya tidak terlalu istimewa, namun saos celupnya yang membuat perbedaan. Saos asam manis yang terasa pas, membuat gurihnya cumi berpadu dengan aneka rasa sehingga jadi sempurna.

Semula saya agak meragukan kesegaran ikannya, maklum Jogja memang sangat jauh dari sumber ikan segar. Tapi ternyata ikan di Pari Pari ini sangat segar, saat merasakan ikan goreng dan bakarnya, daging ikan terasa legit dan manis, tanda ikannya masih segar. Wuah ternyata Pari Pari memang luar biasa. Hidangan seafood berkualitas yang hadir di Jogja. Satu-satunya yang menjadi ganjalan adalah harganya yang tergolong mahal untuk ukuran kota pelajar ini sehingga menjadikan Pari Pari sebagai restoran premium.


Sumber : mulutkeperu
nelayan restoran, tamani, marzano

Tidak ada komentar:

Posting Komentar